Alat Permainan Edukatif

Bermain adalah hal yang tak dapat dipisahkan dari dunia anak-anak. Saat anak terjaga, apapun aktivitasnya pasti tak jauh dari alat permainan. Bermain merupakan cerminan anak sehat dan aktif. Jika anak tidak bermain saat tidak tidur, berarti anak sedang tidak sehat, sakit atau disengaja oleh orang tua agar anak diam. Hal terakhir inilah yang dapat menghambat perkembangan anak.

Dengan bermain, anak dapat mengembangkan konsep ketelitian, keterampilan, kreatif  bahkan sampai bisa mengenal dunia dalam miniatur berupa alat permainan. Gordon dan Browne (1986: 265) menyatakan “melalui bermain akan belajar mengendalikan diri sendiri, memahami dunianya. Jadi bermain merupakan cermin perkembangan anak.” Namun, dalam kenyataannya, sering terjadi banyak kesalahan baik orang tua maupun pendidik dalam memberikan atau mengarahkan anak-anak dalam bermain. Meskipun alat-alat yang digunakan bisa jadi sangat mahal dan canggih.

Alat permainan  yang bermanfaat disesuaikan dengan usia dan perkembangan anak, dan tentunya orang tua dan pendidik tahu betul cara menggunakan dan arah yang akan dicapai. Bisa jadi alat permainan yang murah dan sederhana akan lebih bermanfaat dari alat yang canggih dan mahal. Alat permainan yang bermanfaat untuk membantu perkembangan inilah yang sering disebut dengan Alat Permainan Edukatif (APE).

Ciri-ciri permainan edukatif :

  1. Dapat digunakan dalam berbagai cara, maksudnya dapat dimainkan dengan bermacam-macam tujuan, manfaat dan menjadi bermacam-macam bentuk.
  2. Ditujukan terutama untuk anak-anak usia prasekolah dan berfungsi mengembangkan berbagai aspek perkembangan kecerdasan dan motorik anak.
  3. Segi keamanan sangat diperhatikan baik dari bentuk maupun penggunaan cat pada alat permainan.
  4. Membuat anak terlibat secara aktif.
  5. Sifatnya konstruktif.

Satu hal yang sangat penting namun sering diabaikan oleh orang tua adalah faktor keamanan. Alat permainan harus aman digunakan, yang dapat dilihat dari sisi bentuk (tidak runcing), bahan (tidak memberatkan jika dijinjing) maupun pewarna/cat yang digunakan. Untuk dapat mengoptimalkan fungsinya, mayoritas APE dibuat berwarna dan pewarna yang digunakan harus bebas dari toxic, yaitu sejenis racun yang terkandung dalam pewarna. Biasanya mainan dari plastik banyak mengandung zat ini.

APE terdiri dari banyak jenis permainan. Mulai dari mainan yang terbuat dari kayu, buku, flanel, maupun puzzle. APE inilah yang banyak disediakan oleh Rumah Pintar. Bagi Anda yang tertarik untuk membeli atau ingin menjadi reseller, bisa menghubungi RiskaErmawati Telepon 081578844127 / 081328742450. Atau kunjungi gerai kami di Pasar Kembang Parakan, Temanggung.
About these ads

2 responses to “Alat Permainan Edukatif

    • Jika Bapak kesulitan modal, sementara bisa cari pelanggan dulu. Jalankan dulu berjualan dengan sistem pesanan. Jadi modal Bapak cukup sebesar yang dipesan pelanggan saja, tidak perlu men-stock barang.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s